Selasa, 25 Januari 2011

Solusi Partisi System Pindah Drive

Partisi system yang saya maksud disini adalah partisi system yang dimiliki oleh Windows dimana letaknya biasanya terdapat di drive C, namun pada kondisi tertentu kadang akan berbeda. Pernah tidak anda mengalami, partisi system anda yang biasanya berada di drive "C" berpindah ke drive lain "D, E", sebenarnya tidak menjadi masalah jika partisi sistem anda berada pada drive D atau E, namun bagi saya hal ini merusakan pemandangan alias Tidak Seperti Biasanya.
Solusi ini ditemukan berdasarkan pengalaman pribadi, dimana pada saat penginstalan Windows, terjadi perpindahan drive partisi system, Hal ini disebabkan karena identitas dari partisi boot yang seharusnya berada di drive C telah berpindah ke drive D, diketahui dari file ndetect.com, boot.ini dan ntldr yang telah berpindah ke drive D "Belum diketahui apa penyebabnya" padahal file-file tersebut seharus berada satu partisi dengan Folder2 dan File2 system lainnya.
Cara untuk mengatasinya sangat sederhana sekali. Kita telah ketahui bahwa perpindahan drive partisi system tersebut dikarenakan, perubahan identitas partisi boot yang telah berpindah ke drive D, nah yang kita harus lakukan adalah merubah kembali identitas partisi tersebut ke drive C. Saya meggunakan Ubuntu Live CD dengan aplikasi GParted-nya untuk memberi identitas boot pada suatu partisi. Langkah detailnya anda bisa download ziddu.com atau bisa juga langsung dibaca scribd.com.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar