Senin, 31 Januari 2011

sudo Gaya Ubuntu??? Hmmm Slackware Juga Bisa Kale!

Kemarin saat lagi Bazar Linux di cafe D-Muze, Makassar depan kampus YAPMA, salah seorang teman yang pake ubuntu 10.10 tak lagi menggunakan sudo dalam menjalankan perintah, akhirnya. . . muncullah beberapa pertanyaan In My Mind, “sudo = Super User Do?”, “sudo digunakan biar supaya lebih aman ngoprek, karena kita ga pake root, karena klo pake root BAHAYA?”, dan “Gmana caranya ya biar sudo juga nongol di Slackware?” nah pertanyaan yang ketiga ini ni yang bakalan di jawab disini. Ok Lets Go. . .
Sebenarnya pada saat kita menginstal slackware terutama pada Slackware 13.1, paket sudo sudah termasuk dalam paket yang diinstal, ini terbukti dengan adanya perintah sudo pada saat setelah selesai diinstall slackwarenya, umumnya pada OS Linux yang lain juga demikian, belum pernah coba di OS Linux yang lain sih, tapi kayaknya sih gitu klo ga salah :D Nebak doing. . . hehehe
Untuk mengkonfigurasi sudo agar bisa digunakan, sangat sederhana sekali. Ada beberapa file yang harus kita konfigorasi ditambah menginstall paket bash-completion yang sudah tersedia di DVD slackwarenya. . .

/etc/sudoers
/home/samytetsu/.profile ## tapi terlebih dahulu dicopy dulu dari/etc/profile
/media/SlackDVD/extra/bash-completion/bash-completion-1.1-noarch-3.txz

Sebelum mengkonfigurasi file-file diatas, yang perlu diperhatikan adalah anda disarankan untuk menggunakan vi untuk mengedit, namun anda juga bisa menggunakan text editor lain yang anda sukai. . . no problem. Ok langsung aja ke konfigurasinya. . . disini saya akan menggunakan vi . . . pastikan bahwa anda sudah menggunakan root untuk mengkonfigurasi, gunakan perintah su untuk masuk ke super user terlebih dahulu, selanjutnya tinggal ikuti langkah2 dibawah ini.

1.  root@dbom_net:~# vi /etc/sudoers
    # User privilege specification
    #root ALL=(ALL) ALL
    samytetsu ALL=(ALL) ALL

Ket: tanda # di belakang root sengaja saya tambahkan, karena menurut saya root tidak perlu menggunakan sudo untuk Administrasi System, okelah Ini hanya persoalan mau dan tidak anda bisa membiarkan secara default jika anda mau, itu juga tidak masalah. Pada bagian bawah roto samytetsu adalah username saya, tentunya anda juga harus menyesuaikan dengan username anda, yang lain biarkan aja sama.

2.  root@dbom_net:~# cp /etc/profile /home/samytetsu/.profile
    # Set the default system $PATH:
    PATH="/usr/local/bin:/usr/bin:/bin:/usr/games:/usr/local/sbin:/usr/sbin:/sbin"

Ket: Sebenarnya anda bisa langsung mengedit file /etc/profile/ namun hal ini tidak disarankan, karena semua user akan anda berikan hak akses yang sama dan akan merepotkan anda sendiri nantinya, /home/samytetsu/ adalah lokasi home directory user saya sesuaikan dengan yang anda miliki.

3.  root@dbom_net:~# cd /media/SlackDV/extra/bash-completion/
    root@dbom_net:~# upgradepkg --install-new bash-completion-1.1-noarch-3.txz
    root@dbom_net:~# sh /etc/bash_completion

Ket: Salah satu kelebihan dilinux adalah, dalam mengetikkan perintah2 linux, kita tidak perlu mengetikkan secara full kita tinggal ketikkan perintah beberapa huruf awal kemudian tab dan secara otomatis bash-completion akan memanggil perintah yang kita inginkan, seru kan. . . ga perlu pusing2 hafal perintah-perintah yang panjang.
Sekarang saatnya anda mencoba, keluar dari super user gunakan perintah exit kemudian ketikkan di terminal sudo alsaco + tab + enter. Sekarang apa yang saya inginkan telah terwujud. . .!!!
Sebelum saya akhiri artikel ini, ada satu trik tambahan, jika anda ingin memberikan hak akses yang terbatas pada user lain, misalnya anda ingin memberikan hak akses pada user biasa untuk bisa menjalankan perintah reboot dan shutdown atau hanya bisa menjalankan perintah tertentu. Yang harus anda lakukan adalah gunakan perintah which untuk mengetahui lokasi perintah tersebut, misalnya :

root@dbom_net:~# which reboot
/sbin/reboot

kemudian dari lokasi yang anda dapatkan masukkan tepat setelah = seperti dibawah :

# User privilege specification
userbiasa ALL=/sbin/reboot,/sbin/shutdown/

Oke. . . sekian dulu selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar