Kamis, 24 Mei 2012

BELAJAR GNU/LINUX ITU MUDAH KOK

Assalamualaikum. . .

Lagi-lagi Artikel ini sengaja saya tulis untuk yunior yang masih NewBie seperti saya. Konon katanya mereka takut belajar GNU/Linux karena terlalu suli. Ok. . . pada kenyataannya belajar GNU/Linux SUNGGUH tak sesulit yang kita bayangkan. Banyak orang yang memang pada saat menggunakan GNU/Linux terlihat sangat kesulitan dalam mengoperasikan System Operasi yang mitos katanya kepunyaan para Hacker ini. Entahlah apa penyebabnya, sejauh yang saya tahu sekarang saya sendiri masih tetap Enjoy dengan GNU/Linux walau sejujurnya bikin pusing. Karena memang disitulah keunikannya GNU/Linux dibanding System Operasi lain. Loh kalo GNU/Linux bikin pusing berarti emang susah dong??? Ya tidak seperti itu juga, Untuk itulah artikel ini saya tulis semoga bisa membantu NewBie seperti saya saat belajar GNU/Linux. Secara teknis ada beberapa hal yang harus dilakukan saat ingin belajar GNU/Linux :

0. Harus Punya motivasi untuk belajar GNU/Linux
1. Jangan katakan GNU/Linux susah (HARGA MATI)
2. Pastikan GNU/Linux sudah terinstall diPC/Laptop
Seperti pelajaran Komputer lain belajar GNU/Linux berarti belajar mengoperasikan. Sudah pasti jika ingin belajar mengoperasikan tentunya apa yang ingin dioperasikan harus bisa disentuh dirasakan dan dilihat secara real, tak bisa dengan menghayal alias teori saja. Jadi pastikan distro GNU/Linux sudah terinstall diPC/Laptop. OKE. . .
3. Kuasai Terlebih dahulu perintah dasar GNU/Linux seperti pwd, ls, cd dkk
Belajar GNU/Linux itu seperti membangun Rumah, kita harus pastikan Fondasi dari Rumah yang kita bangun itu Kokoh, agar rumah tak gampang roboh, saat kita menggunakan GNU/Linux kemudian perintah-perintah dasar seperti mkdir, cp, ls –al, cp -r tidak kita pahami dengan benar menggunakan GNU/Linux hanya sekedar rekreasi.
4. Perbiasakan Selalu Menggunakan GNU/LINUX
Layaknya orang yang sedang belajar sepeda, belajar GNU/Linux membutuhkan praktek yang continue, agar kita terbiasa dengan Lingkungan GNU/Linux dan mengerti Stylenya Linux yang katanya UNIX Like (Mirip UNIX), selalu gunakan perintah-perintah yang sudah diketahui berulang-ulang agar selalu diingat, cari masalah-masalah sederhana supaya bisa selalu menggunakan gunakan GNU/Linux.
5. Ketahui apa fungsi dari Command/Perintah yang akan digunakan
Saat menemukan artikel dari internet untuk melakukan sesuatu diGNU/Linux, perintah yang dimasukkan harus diketahui apa fungsinya. Misalnya pada saat melakukan Konfigurasi sering kita gunakan perintah : make && make install. Cari tahu apa maksud dari perintah itu, bisa gunakan man nama_perintah atau whatis nama_perintah atau info nama_perintah atau bisa juga bertanya ke om google.
6. Terjemahkan perintah kedalam bahasa yang mudah diingat
Untuk mengingat Fungsi dari begitu banyak perintah yang ada diGNU/Linux, usahakan untuk mengetahui kepanjangan dari perintah-perintah yang ada karena pada umumnya semua perintah diGNU/Linux adalah kependekan/singkatan. Misalnya : pwd = pathway directory atau position work directory, cd = change directory, ls = list, mkdir = make directory, man = manual, chown = change owner, chgrp = change group dan masih banyak lagi. Dengan mengingat kepanjangan dari sebuah perintah kita akan mudah mengingat apa fungsi dari perintah tersebut.
7. Selalu membaca pesan error
Pada saat menjalankan sebuah perintah dilinux, kemudian hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan dengan kata lain error, usahakan untuk memahami pesan-pesan error yang disampaikan oleh linux. Karena dari pesan error itulah sebenarnya Sistem Operasi berusaha memberitahukan kepada kita dimana kesalahan-kesalahan yang menyebabkan terjadinya error.
8. Ketahui apa yang ingin dioprek sebelum dioprek (Kata Mr.Wevils)
Mungkin maksudnya Om Mr.Wevils, sebelum melakukan Konfigurasi sesuatu, usahakan pahami dulu apa yang ingin dikonfigurasi.
9. Jangan Mau instan, kecuali kalo memang sudah sekarat (Kata DBm_Idiot’s) (^_^)
10. Selalu senyum kalo lagi main sama GNU/Linux (Kata DBm_Idiot’s) (^_^) (Peace)

Sekian. . . akhirnya kita sama-sama belajar untuk masa depan dan Cita-cita. Jangan lupa kalo udah pintar ajar-ajar Aku juga ya, sama yang lain juga, karena dengan berbagi Ilmu, ilmu itu akan tetap terus Hidup. Tempat bertanya Seputar Linux . . .
0. http://planet.slackware-id.org/
1. http://ubuntu-indonesia.com
2. http://www.indonesianbacktrack.or.id
3. http://makassar-slackers.org/
4. http://google.com/

1 komentar :

  1. gimana mau gampang, os nya sajja masih windows (ninja)

    BalasHapus