Jumat, 03 Juni 2011

Dialler wvdial menggunakan Bash Shell Programming!!!

Assalamualaikum Wr.Wb

Beberapa hari terakhir kepengenen banget nulis tapi ga tau mo nulis apa. Akhirnya kemarin waktu mau mengkoneksikan modem menggunakan wvdial di slackware muncul juga ide untuk membuatkan program mengeject modem sekalian modprobe dan dial, yang pada awalnya semua dijalankan satu persatu. Ide ini muncul karena membosankan banget jika setiap mau connect harus diketikkan satu-persatu perintahnya : eject /dev/sr1 kemudian modprobe usbserial vendor=0x19f5 product=0x9909 setelah itu baru wvdial, sebenarnya bisa juga digabung perintahnya menggunakan | misalnya : eject /dev/sr1 | modprobe usbserial vendor=0x19f5 product=0x9909 | wvdial, tapi sama saja karena harus mengetik semua perintah tersebut.
Go to the Point. . . Intinya, ni program akan menggantikan tugas ketiga perintah diatas, dengan kata lain ketiga perintah diatas telah digabung dalam satu file yang bisa dieksekusi. File tersebut bisa dieksekusi layaknya program biasa lewat terminal sepertinya... "Kok Sepertinya" :-) trik seperti ini yang dinamakan "Bash Shell Programming", Sory... kurang ngerti juga sih soal Bash Shell Programming, jadi harus ada kata sepertinya :-) Hehehe. Ok... Lanjut, Listing Programnya kurang lebih seperti dibawah :

#!/bin/bash
# file : wvdial.sh
eject /dev/sr1
modprobe usbserial vendor=0x19f5 product=0x9909
kunci="samy";
echo -n "Username:"; hostname
read -s -p "Password :" pass
if [ $kunci = $pass ] ; then
echo -n "Succes Log In...:";hostname
date
echo "Dial start to #777. . . WAIT A FIEW SECONDS"
wvdial
echo " .::DIALLER DISCONNECT ::. "
else
echo "Ups Sory, Wrong Password. Try Again. . ."
fi
*** Pada program sederhana diatas ada perintah tambahan yaitu menggunakan password jadi setiap dijalankan programnya pasti selalu menanyakan passwordnya=samy.
Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Copykan Listing diatas ke text editor kemudian simpan dengan nama terserah.sh, seteah itu rubah permissionnya dengan menambahkan akses eksekusi pada file tersebut agar dapat dieksekusi atau dijalankan :
root@DBom_NET:~# chmod 755 terserah.sh
Jalankan aplikasinya :
root@DBom_NET:~# ./terserah.sh
root@DBom_NET:~# ./wvdial.sh
Username:DBom_NET
Password :Succes Log In...:DBom_NET
Sat Jun 4 06:25:10 CIT 2011
Dial start to #777. . . WAIT A FIEW SECONDS
--> WvDial: Internet dialer version 1.61
--> Cannot get information for serial port.
--> Initializing modem.
--> Sending: ATZ
ATZ
OK
Sampai disini sekian semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar