Selasa, 08 November 2011

BIAR SESSA YANG PENTING CONNECT

Assalamualaikum. . .

Tulisan ini saya tulis, semata-mata untuk menjawab pertanyaan saya saat menggunakan Android. Pertanyaannya kurang lebih seperti ini, Bisa Ga ya saya membagi Koneksi internet yang ada diLaptop menggunakan modem Venus'SMART ke HP Android saya???, Dan jawabannya adalah sudah pasti Bisa. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana caranya???. Dalam kasus ini Saya Memiliki Sebuah Laptop Acer 4935 + Modem Venus'Smart + HP Android Sony U20i (Xperia x10 Mini Pro). Pada awalnya saya berpikir untuk membuat sebuah Jaringan Ad-Hoc diLaptop kemudian melakukan sharing dari modem ke Jaringan Ad-Hoc tersebut, cara ini sering digunakan untuk membagi koneksi internet ke laptop teman sewaktu lagi nongkrong bareng, namun ternyata gagal. HP Android Saya tidak menemukan Jaringan Ad-Hoc yang saya buat, entah apa alasannya.

Secara kebetulan di tempat tinggal saya ada sebuah Jaringan HotSpot dengan Nama "Jadxx Pampaxx 02" tanpa Sekurity Autentikasi Login untuk masuk ke jaringan, Namun menggunakan Mikrtotik sebagai Router, dengan kata lain Walaupun saya sudah bisa masuk ke jaringannya, jika saya ingin menggunakan Koneksi Internet di Jaringan tersebut saya harus memiliki USER ID and PASSWORD. Jalan buntu lagi, keinginan untuk masuk ke Android Market untuk nginstall APP Android menuai Jalan Buntu, Namun tidak sampai disitu. Kemudian muncullah ide ini, Bagaimana Kalo saya pake Jaringan "Jadxx Pampaxx 02" untuk berkomunikasi (Connect) antara Laptop dengan HP Android saya??? nah satu masalah terpecahkan, kedua Device sudah bisa berkomunikasi dalam satu jaringan yang sama yaitu "Jadxx Pampaxx 02". Masalah selanjutnya adalah, Walaupun kedua device Laptop dan HP Android sudah bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut, tetap saja 1x1 karena saya tidak bisa mendapatkan koneksi internet yang ada dijaringan tersebut. Alasannya sudah pasti karena MIKROTIK, ingatkan diawal saya katakan bahwa, Jika saya ingin menggunakan koneksi internet yang ada dijaringan tersebut saya Harus Login menggunakan password dan username. Dan solusi dari permasalahan ini adalah saya memiliki Modem yang sudah terkoneksi ke internet, kenapa tidak saya Bagikan Wireless ("Jadxx Pampaxx 02") Tinggal ganti IP Gateway diarahkan ke alamat Wireless Laptop saya jadi deh. Yah beginilah kalo segalanya terbatas mau Konek Aja Harus Putar2 Otak untuk cari Solusi, Tapi ga papa, yang penting HAPPY ANDROID.

UNTUK CONFIGURASI IP-Nya:
Laptop Saya : Saat melakukan sharing koneksi internet dari Device Modem ke Wireless secara otomatis akan diset ke
IP : 192.168.0.1
SUBNET : 255.255.255.
* Bagi yang belum tau cara melakukan Sharing Koneksi Internet, silahkan diGoogle aja atau bisa bertanya ke dbom_net@yahoo.com Lewat Chat Yahoo atau FB

Di ANDROID : Setting IP Di Android dengan IP yang satu range dengan IP Laptop. Dibawah ini settingan yang ada di ANDROID saya
IP : 192.168.0.254
SUBNER : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.0.1 / IP dari Wireles LAPTOP karena kita mengambil koneksi internet dari Wireless Laptop
DNS Server : 192.168.0.1
* Bagi yang belum cara setting manual IP di ANDROID, Silahkan diGoogle

Dan inilah sedikit Trik asal-asal, Maksudnya Asal bisa Konek internet di Android. Semoga bermanfaat Happy ANDROID. Mau internetan Aja Sessana di???


By. DBom_NET

Tidak ada komentar :

Posting Komentar