Sabtu, 02 Mei 2009

MENGENAL GOOGLE

Ya memang benar google adalah sebuah mesin pencari tapi pernah tidak anda mendengar kata Google Hacking. Ketika Mendengar kata diatas, ada seorang teman saya yang bertanya “Apa yang kamu mau hack dari Google?” sebuah perntanyaan yang sangat bodoh, namun ini juga pernah terjadi pada diri saya dan mungkin juga terjadi pada anda. Tulisan ini hanya memberi pemahaman kepada kita bahwa Google Hacking bukan google yang di hack, karena itu tidak akan mungkin kalaupun mungkin, kemungkinannya pasti sangat kecil sekali. Yang dimaksud dengan google hacking adalah google dijadikan sebagai sebuah alat untuk melakukan aktifitas Hacking. Namun tentunya saya belum bisa menuliskan tentang bagaimana caranya menggunakan google sebagai mesin hacking sebelum kita tahu dulu dasarnya.
Ketika kita memasukkan kata BELAJAR KOMPUTER di google, maka semua halaman yang mempunyai kata BELAJAR dan KOMPUTER akan ditampilkan, Google akan menganggap kedua kata ini terpisah dan tentunya hasil pencarian pun akan semakin banyak, namun ketika kita memasukkan kata “BELAJAR KOMPUTER” maka google akan mencari semua halaman yang ada kata BELAJAR KOMPUTER dan ini akan memperkecil kesalahan.
File Type
Selain memiliki kemampuan untuk mencari kata di halaman website ternyata google juga bisa mencari kata yang ada dalam sebuah file, misalnya kita ingin mencari sebuah file yang didalamnya mempunyai kata HACKING maka kita harus memasukkan file type:pdf hacking maka semua file pdf yang mempunyai kata hacking akan ditampilkan oleh google. Saat ini google hanya bisa mencari file type:pdf, ps, mw, xls, doc, wks, wps, wdb, wri, rtf, swf, txt.
Intitle & Allintitle
Untuk mencari sebuah judul dari sebuah website anda bisa menggunakan “Intitle dan Allintitle” misalnya ketika saya ingin mencari sebuah website dengan judul PEMILU 2009 maka yang harus saya masukkan di google adalah intitle:pemilu 2009 atau anda juga bisa menggunakan allintitle:pemilu 2009.
Link
Link digunakan untuk mengecek seberapa banyak orang yang memasang url kita diwebsite mereka, misalnya saya ingin tahu situs apa saja yang memasang url himakomers.com di website mereka, maka saya memasukkan link: www.himakomers.com di google dan akan dicarinya.
Site & Insite
Operator site digunakan untuk membatasi pencarian dalam sebuah website. Ketika saya memasukkan kata Linux di google maka semua halaman yang ada kata linux akan ditampilkan, namun bagaimana jika saya ingin mencari kata linux di ilmukomputer.com saja, untuk memperkecil kebingunan. Gunakan site:ilmukomputer.com linux.
Inurl & Allinurl
Hal yang sering digunakan untuk menggunakan aktifitas hacking adalah mencari url yang bisa di deface, anda menuliskan sintax inurl:admin dan bisa juga diganti dengan kata2 lain yang bisa digunakan.

Ada beberapa hal lain yang mendasar yang harus juga dipahami bahwa google tidak membedakan huruf kecil dan huruf BESAR (Incase Sensitive). Penggunaan AND akan secara default digunakan oleh google, OR digunakan untuk mecari salah satu dari dua buah kata yang dimasukkan, karakter * bisa digunakan sebagai pencarian kalimat, Devine digunakan untuk mencari defenisi dari sebuah kata, dan masih banyak lagi yang lain search aja di google. Ternyata om google hebat ya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar