Sabtu, 02 Mei 2009

SYSTEM BERKAS LINUX

Ketemu lagi nih, Sebenarnya nih tulisan bukan tulisan gua, ni tulisan gua ambil dari slackware book, maklum takut salah. Dan mudah-mudahan bisa memabntu teman-teman dalam mengerjakan sesuatu, oke langsung aja.
Perbedaan pertama yang mencolok antara Slackware Linux dan DOS atau sistem Windows adalah sistem berkasnya. Sebagai awal, kita tidak menggunakan nama huruf pada drive untuk membedakan partisi. Pada Linux, hanya terdapat satu direktori utama. Anda bisa menghubungkan ini dengan drive C: pada DOS. Setiap partisi dari sistem Anda di-mount pada direktori utama. Ini seperti hard-disk yang selalu di perluas.
Kami menyebut direktori utama ini sebagai direktori root, dan ditandai dengan sebuah garis miring (/). Konsep ini mungkin terlihat aneh, tetapi sebetulnya membuat hidup Anda menjadi mudah ketika Anda hendak menambahkan ruang baru. Sebagai contoh, misalnya Anda kehabisan ruang pada drive yang digunakan untuk /home. Sebagian besar orang menginstall Slackware dan membuat satu drive root yang besar. Karena sebuah partisi dapat dimount pada sembarang direktori, Anda bisa datang ke toko dan membeli hard drive baru dan me-mountnya pada /home. Anda telah diberikan sebuah ruang baru pada sistem Anda. Dan semua tanpa harus memindahkan banyak hal.
Dibawah ini, Anda akan menemukan deskripsi dari banyak direktori utama pada Slackware.
bin

Program-program pengguna yang penting disimpan disini. Direktori ini mereprentasikan sekumpulan program-program dasar yang diperlukan seorang pengguna untuk menggunakan sistem. Hal-hal seperti shell dan perintah-perintah sistem berkas (ls, cp, dan sebagainya) disimpan disini. Direktori /bin biasannya tidak mengalami modifikasi setelah installasi. Jika ya, maka biasanya dalam bentuk upgrade paket yang kami sediakan.
boot
Berkas-berkas yang digunakan oleh Linux Loader (LILO). Direktori ini juga tidak terlalu banyak mengalami modifikasi setelah installasi. Kernel disimpan disini semenjak Slackware 8.1. Pada rilis awal Slackware, kernel disimpan pada /, tetapi yang sering dilakukan adalah dengan meletakan kernel dan berkas-berkas yang berkaitan disini untuk memfasilitasi dual-boot.
dev
Semua pada Linus diperlakukan sebagai sebuah berkas, termasuk perangkat keras seperti port serial, hard disk, dan scanner. Untuk memperoleh akses pada perangkat ini, sebuah sistem berkas khusus disebut node perangkat (node device) harus ada. Semua node perangkat disimpan pada direktori /dev. Anda akan menemukan hal ini pada banyak sistem operasi berbasis-unix.
etc
Direktori ini menyimpan berkas-berkas konfigurasi sistem. Semuanya dari berkas konfigurasi X Window, basis data pengguna, hingga script sistem. Administrator sistem akan terbiasa dengan direktori ini seiring dengan berjalannya waktu.
home
Linux adalah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna. Setiap pengguna pada sistem diberikan sebuah account dan direktori yang unik untuk setiap berkas-berkas personal. Direktori ini disebut direktori home pengguna. Direktori /home disediakan sebagai lokasi default untuk direktori home pengguna.
lib
Pustaka-pustaka sistem yang diperlukan untuk operasi dasar disimpan disini. Pustaka C, dynamic loader, pustaka ncurses, dan modul kernel adalah sebagian dari yang disimpan disini.
mnt
Direktori ini berisi titik mount sementara untuk bekerja dengan hard disk atau drive yang dapat dipindahkan (removable). Disini Anda akan menemukan titik mount untuk CD-ROM dan drive disket Anda.
opt
Paket-paket perangkat lunak opsional. Ide dibalik /opt adalah setiap paket perangkat lunak diinstall pada /opt/software-package, yang memudahkan untuk dihapus kemudian. Slackware mendistribusikan beberapa hal pada /opt (seperti KDE pada /opt/kde), tetapi Anda bebas manambahkan apa yang Anda inginkan pada /opt.
proc
Ini adalah direktori yang unik. Direktori ini bukan bagian dari sebuah sistem berkas, tetapi sistem berkas maya yang menyediakan akses ke informasi kernel. Beberapa bagian informasi kernel yang ingin Anda ketahui akan dibahas pada beberapa berkas pada direktori /proc. Anda juga dapat mengirimkan informasi pada kernel melalui beberapa berkas ini. Cobalah melakukan cat /proc/cpuinfo.
root
Administrator sistem dikenal sebagai root pada sistem. Direktori home root disimpan pada /root dan bukan pada /home/root. Alasannya mudah. Bagaimana jika /home berada pada partisi yang berbeda dengan / dan tidak bisa dimount? root akan mencoba login dan memperbaiki masalah. Jika direktori homenya berada pada sistem berkas yang rusak, maka root akan kesulitan dalam proses login.
sbin
Program-program yang penting yang akan dijalankan oleh root dan selama proses boot sistem disimpan disini. Pengguna normal tidak akan menjalankan program pada direktori ini.
tmp
Lokasi penyimpanan sementara. Semua pengguna memiliki hak akses baca dan tulis pada direktori ini.
usr

Ini adalah direktori besar pada sistem Linux. Semua berkas yang tersisa akan disimpan disini, program, dokumentasi, kode sumber kernel, dan sistem X Window. Ini adalah direktori dimana Anda akan meletakan program-program yang diinstall.
var
Berkas-berkas log sistem, data cache, dan berkas pengunci program akan disimpan disini. Ini adalah direktori untuk data-data yang sering berubah.
Sekarang Anda memiliki informasi tentang direktori apa mengandung apa pada sitem berkas. Informasi lebih detail tentang layout sistem berkas tersedia pada halaman manual hier(7). Bagian berikutnya akan membantu Anda menemukan berkas dengan lebih mudah, sehingga Anda tidak perlu melakukannya secara manual.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar