Senin, 24 Mei 2010

INSTALL CAIRO-DOCK IN SLACKWARE 13.0

Bicara soal tampilan setiap orang pasti senang dengan tampilan yang menarik dan menawan, cieehhhhh. Olehnya itu memodifikasi tampilan apa saja di sekitar mereka, sudah menjadi suatu hal yang wajar. Kamar, Mobil, Ruang Belajar, sampe Komputer Sekalipun sudah pasti dimodif abis-abisan, biar terlihat lebih perfect dan menenangkan Jiwa. Di artikel ini saya ingin menuliskan, cara memodifikasi tampilan desktop Gnome pada Sackware 13.0, sudah pasti tujuannya agar Slackware kita terlihat lebih menarik bahkan bisa semenarik ubuntu. Aplikasi yang akan kita gunakan disini untuk mempercantik tampilan Slackware kita adalah Cairo-Dock dengan Desktop GNOME.
Cairo-Dock sendiri sebenarnya, sama dengan Roket-Dock yang biasa kita temui di Windows, namun tetap saja pasti ada perbedaanya, bahkan menurut saya pribadi Cairo-Dock yang di Linux jauh lebih bagus dari Roket-Dock yang ada di Windows, Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya Pugins yang dimiliki oleh Cairo-Dock, salah satu Plugins kesukaan saya yaitu animasi Tux yang super Lucu. Penasaran kan!!!
Ya udah deh kalo gitu biar ga penasaran lagi coba aja download Cairo-Dock & PlugInsnya dari Cairo-Dock + PlugIns.
Sebenarnya cara configurasinya sudah dimasukkan ke dalam package yang anda Download dengan tujuan agar anda bisa membantu anda dalam penginstalan, disini saya hanya akan mengulangi cara install yang tertulis pada file INSTALL di dalam folder Cairo-Dock. Namun sebelumnya anda sudah harus pastikan bahwa Dependecies dari Cairo Dock sudah harus anda Install, Biasanya Cairo-Doc membutuhkan "gtkglext" & "glitz"  (Kalo bisa Versi terbarunya) yang bisa anda dapatkan dari linuxpackages.net atau dari slackbuild.org, 1 lagi yang saya ga tau apa maksudnya file tersebut "libGL.la", dari nama filenya dan tempatnya diletakkan di "/usr/lib/" saya menebak bahwa itu adalah file library, tapi ya sudah lah, mungkin aja benar mungkin juga salah. Sekarang kita lanjut ke cara menginstallnya.
1. Installkan paket Library (Dependencies)
   root@dbom_net:~# installpkg gtkglext-1.2.0-i686-1ga.tgz
   root@dbom_net:~# installpkg glitz-0.5.6-i486-1gds.tgz
   root@dbom_net:~# cp libGL.la /usr/lib/
2. Ekstrak cairo-dock-2.1.3.9.tar.gz gunakan perintah tar kemudian installkan :
   root@dbom_net:~# tar xzvf cairo-dock-2.1.0.tar.gz
   root@dbom_net:~# cd cairo-dock-2.1.3.9
   root@dbom_net:~# autoreconf -isvf
   root@dbom_net:~# ./configure
   root@dbom_net:~# make
   root@dbom_net:~# make install
3. Ekstrak cairo-dock-plugins-2.1.0.tar.gz gunakan perintah tar kemudian installkan :
   root@dbom_net:~# tar xzvf cairo-dock-plugins-2.1.3.9.tar.gz
   root@dbom_net:~# cairo-dock-plugins-2.1.3.9
   root@dbom_net:~# autoreconf -isvf && ./configure && make
   root@dbom_net:~# make install
Sebenarnya cara konfigurasi pada no 2 dan no 3 sama saja, hanya saja pada no 2 perintah autoreconf -isvf, ./configure
dan make di gabung menjadi satu. Anda bisa lihat ketiga perintah tersebut dipisahkan dengan tanda &&. Terserah anda, apakah ingin menggabungkan perintahnya biar tidak repot atau ingin menikmati dengan cara menjalankan perintahnya satu-satu.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar